Human Resources Officer Program Training


Pelatihan HROP ini memang sengaja didesain sebagai bagian dari training kompetensi untuk ranah bidang Human Resources (HR).  Berdasarkan career path/mapping didalam organisasi perusahaan, untuk divisi HR minimal calon karyawan/level karyawan yang dipersiapkan harus memiliki kompetensi di bidang HR.
Apabila anda ingin berpraktisi di bidang HR/HRD, minimal anda harus mengetahui dan memahami career path HRD di dunia kerja. Hal inilah yang nantinya akan membantu anda dalam memetakan & mengarahkan kompetensi skill anda di dunia HR. Kita tahu bahwa dunia HR sangat kompleks sekali, tidaklah cukup hanya mengandalkan latar pendidikan kita masing-masing (hukum, psikologi, manajemen, teknik industri, teknik informatika, dsb). Di dalam carrer path HRD tentu saja memiliki masing-masing spesifikasi kompetensi yang berbeda yang membutuhkan profesional skill untuk level-level tertentu (contoh: specialist). sebelum masuk ke penjelasan masing-masing kompeteni, mari kita lihat dulu contoh career pathHRD secara sederhana ini.

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa HR Officer adalah carrer pertama (awal) seorang yang ingin berkarir di bidang HR.  Secara struktural HRO adalah posisi level staff yang dipersiapkan untuk men-support HR-activity untuk menjalankan sistem HRMS (Human Resources Management System).  Oleh karena itu, untuk seorang HRO minimal dia mengetahui dan memahami HRMS sistem dari sistem rekrutment hingga sistem terminating.
Kompetensi untuk HRO sangat kompleks dengan latar pendidikan yang sudah dipaparkan diatas, hal ini tergantung pada sistem kaderisasi di masing-masing perusahaan yang nantinya akan diproyeksinya di posisi dan level mana? (mapping area div.).  Misalnya untuk seorang "psikologi", yang akan dipersiapkan untuk mensupport rekrutment proses,  seorang "hukum" yang nantinya akan dipersiapkan untuk mensuport legal area,  atau seorang teknik "informatika" yag nantinya dipersiapkan untuk mendesain HRIS (Human Resources Information System).
Dalam pelatihan kompetensi ini, eserta training akan belajar mengenai, " agaimana membangun sistem HRMS? maka kita harus menguasai "vision & strategy of HRM,
  • HR vision tentu saja berkaitan dengan : "management value & system", "mission & vision corporate", "organizational culture",  dll.
  • HR strategy, mencakup : Planning , Utilizing, Developing, Rewarding, Maintaining, Terminating
Untuk beginner/fresh graduated, kami mencoba menjawab tantangan kebutuhan saat ini dibidang HR dengan mempersiapkan kompetensi dan skill disamping rekan-rekan semuanya telah memiliki pengetahuan/literature tentang HR. Hampir sebagian besar rekan saya bertanya mengenai apa yang sebenarnya perlu dipersiapkan untuk bisa masuk di divisi HR? yang menentukan bukan lagi inteligensi atau hasil belajar dengan standard signifikan yang tinggi, diperlukan suatu kompetensi dan skill untuk bisa memenuhi kebutuhan organisasi/jabatan.