Pelatihan kompetensi ini
secara praktis dalam berimplementasi mempelajari sistem rekrutmen yang berbasis kompetensi yang
sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dengan demikian
dalam sistem rekrutmen pengukuran kompetensi karyawan secara obyektif menjadi
nilai penting. Sistem rekrutmen sendiri dimaksudkan sebagai media seleksi
individu dalam memenangkan persaingan jabatan tanpa mengurangi aspek
profesionalitas kerja. Sistem rekrutmen pada masing-masing perusahaan
disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan. Perusahaan sendirilah yang
menentukan seperti apa sistem dan proses seleksi dalam mendapatkan karyawan
yang berkualitas.
Namun Idealnya, proses
rekrutmen diawali dari tahap perencanaan kebutuhan, proses seleksi hingga tahap
pengambilan keputusan. Perencanaan kebutuhan adalah suatu proses identifikasi
kuantitas karyawan yang dimiliki dengan kebutuhan fungsi organisasi. Apabila
dalam identifikasi kebutuhan tersebut dijumpai GAP kebutuhan maka salah satu
pilhannya adalah melakukan proses rekrutmen. Proses seleksi adalah aktivitas
penjaringan calon.kandidat, dimulai dari seleksi administrasi berkas, tahapan
tes tertulis, tahapan tes psikologis, tahapan tes wawancara, tahapan tes
kesehatan, tahapan tes fisik, tahapan tes praktek, dan lain sebagainya.
Kemudian pengambilan keputusan yang dimaksud adalah proses untuk mendapatkan
calon/kandidat yang berkompeten dan memenuhi standar kualifikasi jabatan.
Sehingga calon/kandidat tersebut telah siap untuk menjalankan proses orientasi
diperusahaan.
Proses sistem rekrutmen
diatas merupakan sistem praktis yang diimplementasikan didunia kerja. Sistem
tersebut diintegrasikan dengan sistem manajemen perusahaan itu sendiri.
Sehingga akan sangat menarik dan aplikatif apabila dapat mempelajari sistem
rekrutmen secara praktis dan implementatif dalam pelatihan yang berbasis HR
Rekrutmen.
TUJUAN & MANFAAT
TRAINING KOMPETENSI INI
- Learning shared tentang sistem rekrutmen di Perusahaan multinasional.
- Mengetahui dan mempelajari sistem rekrutmen di perusahaan yang menjalankan sistem HRMS, ISO dll.
- Mengetahui dan mempelajari sistem perencanaan kebutuhan perusahaan.
- Mengetahui dan mempelajari form aplikasi rekrutmen.
- Mengetahui dan mempelajari proses tes tertulis serta aplikasi tes psikologi yang dipakai dalam sistem seleksi di Perusahaan-perusahaan.
- Mengetahui strategi wawancara yang dipakai dalam sistem seleksi.
- Mengetahui dan mempelajari standar kualifikasi kompetensi karyawan untuk kebutuhaan rekrutmen.
- Peserta training memiliki kompetensi di bidang rekrutmen specialist, sehingga siap dalam mengaplikasikan di dunia kerja.
Materi yang didapatkan
dalam training kompetensi ini, mencakup :
- Pengantar tentang seleksi SDM
- Potential people review
- Recruitment Management System (RMS)
- Job Posting Process
- Administration Selection
- Test & selection Process
- Interview process
- Aplication form recruitment
- Pelaporan hasil seleksi
" together we can do
better "
Tidak ada komentar:
Posting Komentar