ISO
9001 adalah suatu standar international untuk sistem manajemen mutu/kualitas
terhadap produk (barang/jasa) yang dihasilkan. ISO 9001 merupakan sistem
penjaminan mutu, yaitu mekanisme standar yang disusun, disepakati, dan
diterapkan oleh suatu organisasi dalam menjalankan aktivitas suatu perusahaan.
Sistem ISO 9001 secara jelas akan menjelaskan bagaimana perusahaan
beroperasi. Bagaimana perkerjaan mengalir dari satu aktifitas ke aktifitas
lain. Penanganan pekerjaan mulai dari customer, input ke dalam masing-masing
proses, dan output yang dihasilkan dari setiap proses. Parameter-parameter
fisik dari hasil pekerjaan, yang menentukan apakah hasil tersebut memenuhi
prasayarat kualitas yang telah di tentukan dan disepakati atau belum.
Standar
Internasional ISO 9001:2008 berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen
mutu yang mengarahkan organisasi untuk mengendalikan proses-prosesnya menuju
pencapaian sasaran-sasarannya termasuk diantaranya kepuasan pelanggan,
kesesuaian dengan peraturan dan perundang-undangan serta peningkatan
berkesinambungan. Dalam penerapan sistem manajemen mutu ini, organisasi bisa
menjalani proses sertifikasi dari Lembaga yang independen sebagai bukti atas
kesesuaiannya memenuhi berbagai persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008
sehingga lebih meningkatkan kepercayaan mitra bisnisnya/ stake holdernya. Saat
ini penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 berlangsung di berbagai sektor
bisnis komersil manufaktur ataupun jasa serta organisasi non profit dan
institusi pemerintahan di 170 negara.
MANFAAT
TUJUAN TRAINING
- Memberikan pemahaman dasar tentang Sistem Manajemen Mutu.
- Memberikan Manfaat dan perkembangan ISO 9001.
- Memberikan pemahaman dasar persyaratan ISO 9001 : 2008
- Membangun komitmen manajemen perusahaan dengan SDM yang dimiliki
- Membangun professional skill SDM
- Membangun kesiapan mental dalam implementasi penerapan ISO 9001
SASARAN
PESERTA
- Level Direksi/Manajemen perusahaan
- Level Manager dan Supervisor/head
- HRD
- Divisi pengendalian mutu
- Perusahaan Karyawan/level operator
- Perwakilan supplier & customer
MATERI TRAINING
- Pemahaman tentang definisi, Konsep, dan lingkup Standar Mutu Manajemen.
- Sejarah ISO 9000 series dan Perkembangannya.
- Pemahaman Persyaratan ISO 9001 : 2008.
- Komitmen Manajemen Manajemen Perusahaan & SDM.
- Membangun Profesional Skill SDM.
- Penerapan Sistem Manajemen Mutu
"together
we can do better"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar