Akses Media Pelatihan Melalui Portal Training Yogyakarta “One Stop HR Training Center”

Oleh. Tharen Akla Haadi

Training merupakan sebuah kebutuhan tersendiri dalam dunia industri khususnya dalam ranah peningkatan potensi sumber daya manusia. Peningkatan potensi SDM ini adalah kebutuhan penting yang perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam mempertahankan eksistensi aset sumber daya manusia yang dimilikinya. Satu hal yang tak dapat dipungkiri  bahwa program pelatihan merupakan salah satu pendekatan utama dalam pengembangan SDM pada sebuah perusahaan.  Dimana program pelatihan yang dimaksud mempunyai nilai atau peran strategis, yakni terhadap keberhasilan pencapaian produktivitas kerja bagi perusahaan.  Di sisi  lain juga memiliki peran penting dalam keberhasilan karir karyawan seiring dengan peningkatan kompetensi kerja yang dimiliki. Dalam kaitannya dengan hal peningkatan kompetensi, ternyata pada saat ini permintaan kebutuhan pelatihan juga semakin meningkat di kalangan mahasiswa maupun personal yang ingin mengembangkan diri. Hal ini mungkin disebabkan karena faktor semakin meningkatnya minat mahasiswa maupun kalangan umum dalam mempelajari bidang ilmu implementasi Human Resources (HR)

Peningkatan minat terhadap kebutuhan training di ranah perusahaan, karyawan, mahasiswa hingga ke masyarakat umum semakin menuntut banyaknya akses informasi yang diperlukan mereka dalam segala bentuk media. Seringkali mahasiswa atau masyarakat umum memiliki minat yang tinggi terhadap sebuah pelatihan, namun tidak bisa ikut andil dikarenakan tidak mendapatkan informasi yang memadai terkait topik training yang diminati. Hal ini dapat  terjadi karena belum adanya sebuah wadah khusus yang menampung segala informasi yang terkait dengan informasi training. Apa yang sering kami lihat adalah minimnya informasi ini karena belum optimalnya inovasi-inovasi strategik dalam penyebarluasan informasi mengenai penyelenggaraan training. Kami menilai bahwa perlu adanya HR information center yang berfungsi sebagai tempat belajar, sharing, sekaligus pusat informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia pengembangan SDM.

Bagi kami, portal training ini bisa dijadikan sebagai tonggak awal HR information center khususnya di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Segala bentuk informasi training yang akan diadakan bisa dibagikan informasinya di portal ini.  Hal ini tentu saja dimaksudkan  agar dapat mempermudah para perusahaan, karyawan, mahasiswa dan masyarakat umum mendapatkan informasi akses yang lebih banyak di dalam portal training ini. Bisa dikatakan bahwa portal training ini sebagai pusat pembelajaran bagi mereka-mereka yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai dunia human resource training khususnya dan topik-topik training di dunia industri pada umumnya. Dengan begitu maka semua komponen yang ada di dunia HR bisa saling bahu-membahu dalam membangun potensi SDM yang ada di Indonesia sebagai aset yang dapat dikembangkan dan memiliki optimalisasi kompetensi yang dapat dibanggakan.  

“together we can do better ... “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Galery Photo

Galery Photo

Galery Photo

Galery Photo

twitter